Darwangsa, Haksan and Musriati, Musriati and Atmini, Dwi and Inniyah, Sitti and Mulyono, Mulyono and Waswat, Waswat (2019) Borneo, jurnal ilmu pendidikan LPMP Kalimantan Timur, edisi khusus, volume XIII, N. 33, Maret 2019. LPMP Kalimantan Timur, Samarinda. ISBN 1858-3105
| ![[img]](http://repositori.kemendikdasmen.go.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 58. Khusus Nomor 33 Maret 2019.pdf Copyright All Rights Reserved Download (2MB) | 
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan meremediasi 
miskonsepsi atau kesalahan konsep pada guru-guru IPA SMP. 
Kesalahan konsep guru IPA dapat terjadi karena guru IPA tidak 
menguasai konsep yang benar atau menguasai konsep secara baik 
tetapi keliru menjelaskannya. Kesalahan-kesalahan konsep pada guru 
perlu segera dibantu untuk mengkonstruksi atau membangun konsep�konsep baru yang lebih sesuai dengan konsep-konsep ilmiah sehingga 
tidak menyebarkan kesalahan-kesalahan tersebut ke siswanya. 
Terdapat 69% dari 29 konsep kelistrikan yang teridentifikasi 
miskonsepsi melalui tes dan wawancara. Kesalahan-kesalahan konsep 
guru IPA yang teridentifikasi tersebut diperbaiki atau dibantu belajar 
kembali melalui proses pembelajaran berbasis simulasi. Proses 
pembelajaran berbasis simulasi tersebut dapat menumbuhkan sikap 
positif pada guru IPA serta cukup termotivasi untuk belajar 
memperbaiki kesalahan-kesalahannya.
| Item Type: | Book | 
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Pendidikan dan Pelatihan Pendidikan > Sekolah > Evaluasi Pembelajaran | 
| Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > BPMP Kalimantan Timur | 
| Depositing User: | lpmpkaltim - | 
| Date Deposited: | 07 Jul 2022 04:36 | 
| Last Modified: | 07 Jul 2022 04:36 | 
| URI: | http://repositori.kemendikdasmen.go.id/id/eprint/25285 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
                 
                