Dalyana, Dalyana (2015) Upaya pemberdayaan kelompok kerja guru (KKG) dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP). Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, IX (1). pp. 81-94. ISSN 1858-3105
|
Text
07 Juni 2015.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (227kB) |
Abstract
Forum pertemuan guru di KKG/ MGMP sangat strategis sebagai wadah untuk peningkatan kompetensi, profesionalisme, dan kinerja guru. Namun kenyataan di berbagai daerah di Indonesia, masih banyak KKG/ MGMP yang belum menunjukkan peningkatan kinerja yang berarti. Oleh karenanya diperlukan berbagai upaya untuk memberdayakan KKG/ MGMP. Berbagai upaya tersebut antara lain adalah sebagai berikut: (1) Melengkapi administrasi organisasi KKG/ MGMP, (2) Menyusun program kegiatan KKG/ MGMP, (3) Memilih Nara Sumber sebagai pendukung KKG/MGMP, (5) Melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan, (6) Meningkatkan sistem pengelolaan KKG/ MGMP, (7) Mengatur pembiayaan KKG/ MGMP, (8) Melaksanakan pemantauan dan evaluasi yang terstandar dan berkualitas. Melalui wadah KKG/ MGMP ini diharapkan: (1) akan terpenuhinya standar minimal profesionalisme pengembangan KKG/ MGMP, sehingga menjadi salah satu alternatif yang secara langsung dapat meningkatkan profesionalisme guru, dan (2) KKG dan MGMP diharapkan menjadi gugus kendali dan penjaminan dalam rangka peningkatan mutu guru secara berkelanjutan.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan, KKG, dan MGMP. |
| Subjects: | Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran |
| Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > BPMP Kalimantan Timur |
| Depositing User: | lpmpkaltim - |
| Date Deposited: | 27 Dec 2019 02:57 |
| Last Modified: | 27 Dec 2019 02:57 |
| URI: | http://repositori.kemendikdasmen.go.id/id/eprint/15510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
