Triana, Dinny Devi and Kharisma, Winda and Rukmana, Riki and Ghazaly, Farhan Apriadhi (2025) Panduan mata pelajaran seni tari: fase A-F SD/MI/Paket A, SMP/MTs/Paket B SMA/MA/ SMALB/SMK/MAK/Paket C. Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Jakarta.
|
Text (Panduan)
21. Final Panduan Mata Pelajaran Seni Tari_12_09_2025_Revisi 3.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Download (10MB) | Preview |
Abstract
Pada umumnya guru seni tari memahami bahwa belajar tari menuntut murid dapat menari, sehingga seringkali ditambahkan dengan kegiatan ekstrakurikuler tari di luar jam satuan pendidikan. Permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran tari biasanya pada kemampuan pendidik yang tidak berlatar belakang pendidikan seni, khususnya di satuan pendidikan dasar, sehingga seringkali satuan pendidikan mengadakan ekstrakurikuler dengan memanfaatkan instruktur tari dari luar satuan pendidikan. Pemahaman tersebut mengarah pada membentuk murid menjadi penari. Untuk itu dibutuhkan pemahaman bagi pendidik tentang esensi dalam pembelajaran tari. Permasalahan selanjutnya pada lingkungan belajar yang kurang mendukung, materi tidak memberikan makna dalam kehidupan dan dunia nyata, dan pembelajaran kurang menyenangkan, sehingga murid tidak merasa penting untuk mempelajari tari.
| Item Type: | Book |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kesenian |
| Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Panduan/Pedoman Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Pendidikan dan Pelatihan Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian |
| Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan |
| Depositing User: | perpus dikbud |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 03:15 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 03:15 |
| URI: | http://repositori.kemendikdasmen.go.id/id/eprint/33632 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
