Sinaga, Irene Camelyn and Wirantho, Sapto Aji and Ghazali, Hatim and Dewi, Ressi Kartika and Sumartini, Ai Tin and Indra, Adi Darma (2025) Panduan mata pelajaran pendidikan Pancasila: fase A-F SD/MI/Program Paket A, SMP/MTs/Paket B, dan SMA/MA/SMK/MAK/Paket C. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Panduan)
2. Final Panduan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila_12_09_2025_Revisi 3.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Pancasila melalui pendekatan pembelajaran mendalam diharapkan dapat mengembangkan keterampilan, sikap dan pengetahuan agar menjadi warga negara yang unggul dan berkarakter sehari-hari di lingkungan masyarakat, berbangsa, dan bernegara.Pendekatan pembelajaran mendalam menginternalisasi dimensi profil lulusan dengan menerapkan kerangka pembelajaran terkait praktik pedagogis, lingkungan pembelajaran,kemitraan pembelajaran, dan pemanfaatan digital yang dapat dilakukan melalui pengalaman belajar yang dialami murid, yaitu memahami, mengaplikasi dan merefleksi. Penerapan kerangka pembelajaran sebagai panduan sistematis dalam menyusun desain pembelajaran. berdasarkan prinsip pembelajaran yang memuliakan dan menekankan pada penciptaan
suasana belajar serta proses pembelajaran berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan. Buku panduan ini disusun untuk membantu pendidik mengimplementasikan Pendidikan
Pancasila dengan pendekatan pembelajaran mendalam sehingga dapat mencapai tujuan tersebut.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Pancasila
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Panduan/Pedoman
Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan
Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran
Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Pendidikan dan Pelatihan
Divisions: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Depositing User: perpus dikbud
Date Deposited: 25 Nov 2025 02:29
Last Modified: 25 Nov 2025 02:29
URI: http://repositori.kemendikdasmen.go.id/id/eprint/33626

Actions (login required)

View Item View Item